Page Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 30 Maret 2010

Sejarah C++

pada tahun 60an, ketika komputer masih dalam tahap awal pengembangan, banyak bahasa pemrograman baru muncul. Di antaranya, ALGOL 60, yang dikembangkan sebagai alternatif dari FORTRAN dari sinilah muncup konsep-konsep pemrograman terstruktur, yang kemudian mengilhami sebagian besar bahasa-bahasa prosedural, seperti CPL dan succesors (seperti C + +). ALGOL 68 juga secara langsung mempengaruhi perkembangan tipe data di C.

Pada 1963, CPL (Combined Programming language) muncul dengan gagasan yang lebih spesifik untuk tugas-tugas pemrograman konkret.

Pada tahun 1967, Martin Richards mengembangkan BCPL (Basic Combined Programming Language), yang menyederhanaan CPL tapi tetap fitur yang paling penting tetap dipertahankan.

Pada tahun 1970, Ken Thompson, developer UNIX di Bell Labs, menciptakan bahasa B. Bahasa B memiliki keterbatasan yang besar, seperti tidak dapat dikompilasi untuk eksekusi kode tapi kode-threaded, yang menghasilkan kode yang lebih lambat dalam pelaksanaan, dan karena itu tidak memadai untuk pengembangan sistem operasi. Oleh karena itu, sejak tahun 1971, Dennis Ritchie, dari tim Bell Labs, mulai pengembangan kompilator B yang, antara lain, mampu menghasilkan kode yang dapat dieksekusi langsung. Bahasa "New B",ini akhirnya disebut C.

Pada tahun 1973, Dennis Ritchie, telah mengembangkan dasar C. Yang dilengkapi penggunaan tipe data, statement handling, serta peningkatan array dan pointer, kemudian menjadikkan C sebagai bahasa tingkat tinggi, dan berkontribusi pada perkembangan bahasa C.

Pada tahun 1980, Bjarne Stroustrup, dari Bell lab, mulai dari pengembangan bahasa C++, berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute).Dari tahun 1990, komite ANSI X3J16 memulai pengembangan standar spesifik untuk C++. Dari masa awal pengembangan hingga publikasi pada tahun standar C++ pada tahun 1998, C++ telah mengalami expansi besar dalam penggunaannya, dan hari ini C++ bahasa pilihan untuk mengembangkan aplikasi yang profesional pada semua platform.

Compiler C++ : link

Sumber : www.cplusplus.com

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More